Wednesday, May 26, 2010

Gossip Folks


"Psst..eh tau ga..bla..bla..jangan bilang siapa-siapa ya..karena ini RAHASIA "

Hai rustea addictor...Apa kabar hari ini? Hmmph ternyata prediksi cuaca bener ya..Beberapa minggu ini cuaca akan buruk sekali,hujan disertai dng angin.Sama seperti suasana hati q yg juga lg buruk akhir-akhir ini.

Pria dan gossip !! Kedua hal yang korelasinya sangat erat dan ga bisa di pisahin kalau melihat sekumpulan wanita lagi ngumpul, ntah di cafe..di kantin..telp..bahkan ampe kamar mandi-pun jadi ajang untuk bergosip.

Saat ini aku jadi bahan "obrolan" teman-teman ku, ntah apa dasarnya sehingga mereka bisa menjadikan ku bulan-bulanan yang SERU untuk di bahas. Mulai dari sikap bos yang perhatian, beberapa ide kreatif ku untuk membuat list pantauan average performance team, sampai ke masalah pernikahan ku nanti yang insyaAllah akan dilaksanakan akhir tahun ini. Membahas dan peduli dengan urusan pribadi mereka-pun aku tak pernah..tapi kenapa mereka senang sekali mencari topik "SEGAR" dalam setiap kesempatan.

"eh .. kamu tau ga, masa si xxx bilang gini...pssst psst bla bla bla...."
"masa siiiih ?? tapi iya juga sih, soalnya aku pernah diceritain ma dia, tapi
kamu jangan cerita
ma siapa-siapa ya kalo aku ngomong begini...ini rahasia"

Tapi untungnya, aku bukan salah satu wanita yang mudah terbawa oleh gossip. Gak ada guna kita marah n ngelabrak temen-temen kita yang sudah "biasa" makan gossip. Capek sendiri !! Modalnya cuma satu...asalkan kita tidak seperti apa yang mereka bicarakan...BIARKAN-lah, pada akhirnya mereka akan capek dan berhenti dengan sendirinya, sampai mereka menemukan "makanan baru" nanti. Tapi kalo apa yang di bicarakan sudah melampaui batas n kedengeran dengan kuping kita langsung...ga ada salahnya kita "sentil" mereka sedikit.

Sedikit tips yang mungkin bisa membantu untuk MENGHINDAR dari GOSSIP di kantor :

1. Lari! Saat makan siang, semua orang membicarakan gosip keretakan rumah tangga bos. Penasaran? Tapi kenapa Anda harus terpancing ikut bergosip? Buruan cari alasan untuk pergi selesai makan. Sampaikan saja bahwa Anda sedang banyak pekerjaan atau kebelet pipis.

2. Pura-Pura Sibuk. Memang repot kalau harus sekantor atau parahnya bertetangga meja kerja dengan biang gosip. Sebentar-sebentar dia akan bilang, “Eh, tahu nggak bla..bla..bla…?”. Kalau memang malas menanggapi hal-hal yang menurut Anda tidak penting, sok sibuk saja. Pura-pura mengecek berkas atau pura-pura mengetik serius -padahal cuma baru balas email teman). Memasang earphone seharian, juga bisa jadi pelarian tepat.

3. Jadi Miss No Comment. Saat gosip beredar, bersikaplah sebagai pendengar yang baik. Kalaupu mau terlibat dalam percakapan, pilihlah komentar netral seperti, “Wah, saya saja baru dengar soal ini dari kalian”, atau “Seru juga ya, kejadiannya!”.

4. Pilih Topik Lain. Kalau memang tidak bisa tahan godaan untuk tidak bergosip, pilihlah topik yang tidak menyangkut masalah atau orang kantor. Bergosip tetang seleb misalnya, yang tidak akan memberikan dampak apapun buat Anda atau posisi Anda di kantor.

5. Simpati Sendiri Aja. Habis bertengkar dengan pacar, calon mertua yang menyebalkan atau seorang manajer di kantor mengajak Anda kencan? Lebih baik semua kejadian tersebit disimpan sendiri, agar tidak memancing orang lain menggosipkan Anda. Kalaupun akan curhat, pilihlah teman kantor yang benar-benar bisa Anda percaya. Jangan lupa: satu orang saja cukup!

6. Ingat Karma. Selalu tempatkan diri Andan pada posisi orang yang sedang digosipkan. Bayangkan perasaan Anda jika digosipkan macam-macam oleh teman sendiri. Tentunya sedih kan?

7. Jangan Menghindar. Sah-sah saja kalau Anda sama sekali tidak mau diajak bergosip. Namun bukan berarti Anda boleh menghina atau menghakimi orang lain yang (masih) suka bergosip. Biarkan saja mereka, karena setiap orang berhak memilih sikapnya.



No comments:

Post a Comment